Workshop Program Kreativitas Mahasiswa “Merdeka Belajar, Kreativitas dan Inovasi Membentuk Karakter Mahasiswa Sukses”

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Dirjen Dikti Ristek di bawah pengelolaan Belmawa merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi Perguruan Tinggi dalam pemeringkatan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Pelaksanaan PKM Tahun 2022 ini juga bertujuan untuk ikut mendukung Porgam Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), dimana konversi SKS sudah disesuaikan sesuai bidang PKM dan tercantum dalam panduan umum PKM Tahun 2022.

Dalam upaya mengakomodasikan perkembangan ide kreatif dan inovatif mahasiswa Universitas Al-Irsyad Cilacap (UNAIC) sekaligus mempersiapkan keikutsertaan dalam pengusulan proposal PKM Tahun 2022 ini agar lebih maksimal. Bidang Kemahasiswaan bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNAIC menyelenggarakan Workshop Program Kreativitas Mahasiswa dengan tema : “Merdeka Belajar, Kreativitas, dan Inovasi Membentuk Karakter Mahasiswa Sukses” pada Selasa, 15 Maret 2022. Acara ini dibuka oleh Rektor UNAIC, Bapak Sarwa, AMK., S.Pd., M.Kes yang menjelaskan dalam sambutannya bahwa “Mahasiswa agar tetap semangat dengan adanya kesempatan aplikasi MBKM dari PKM yang bisa dikonversi menggantikan beberapa SKS mata kuliah”, tutur Beliau.

Kegiatan Workshop yang dijelaskan yaitu PKM 8 Bidang, PKM-GFT, dan PKM-AI tahun 2022 yang berlokasi di Aula Universitas Al-Irsyad Cilacap (UNAIC), dengan narasumber Bapak Dr. apt. Lutfi Chabib, S.Farm., M.Sc. sebagai pembicara utama dari Universitas Islam Indonesia. Selama kegiatan Workshop PKM berlangsung, acara ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, 51 Dosen dan 215 Mahasiswa dari Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Sains dan Teknologi, serta Fakultas Ilmu Sosial. Tujuan diadakannya Workshop PKM ini tentunya sebagai media untuk mengantarkan mahasiswa dan dosen dalam mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi yang berlandaskan penguasaan sains dan teknologi, sehingga mahasiswa diharapkan dapat memedomani dengan baik panduan PKM, berbagi motivasi, tips dan trik lolos pendanaan hibah PKM.  Tingginya antusiasme dosen dan mahasiswa ditunjukkan dengan jumlah kehadiran audiens yang melebihi target awal dan banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh audiens baik dari dosen maupun mahasiswa kepada narasumber. -red/16/03/2022

Related Posts

EnglishIndonesia