MAHASISWA UNAIC MENGIKUTI PROGRAM INTERNSHIP CAREGIVER KE JEPANG

Mahasiswa Universitas Al-Irsyad Cilacap, pada hari Kamis tanggal 07 April 2022 telah sampai di Jepang dengan selamat dalam rangka  untuk mengikuti program internshi/magang . Ada 5 orang yang terdiri dari 3 orang mahasiswa yaitu Rizky Fachrian Ridlo, S.Kep., Ikbal Mustofa, S.Kep., dan Rizki Ferdian, S.Kep. serta 2 orang  freshgraduate  yaitu Ruci Indra Jaladhri, S.Kep., Ns., dan Anggin Fitriani, S.Kep., Ns, yang berasal dari Program Studi Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Al-Irsyad Cilacap.

Program Internship Caregiver dalam rangka mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ini hasil kerjasama dengan perusahaan Jepang yaitu Shakaifukushi-Houjin Yujinkai dan Yuma Enterprise Co., LTD. Kegiatan ini bertujuan unutuk memfasiliasi dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa khususnya program studi keperawatan untuk mengasah pengetahuan dan keterampilan keperawatan dengan terjun langsung ke dunia kerja di Luar Negeri sebagai persiapan karier di masa depan. Selain itu, untuk berkontribusi dalam hubungan persahabatan Indonesia dan Jepang dengan meningkatkan kemahiran berbahasa Jepang dan pemahaman budaya Jepang yang dilaksanakan dalam kurun waktu 11 bulan (1 bulan training, 10 bulan kegiatan internship) yang dimulai bulan April 2022, untuk tempat institusi training : Nippon Academy Jepang. Adapun tempat perusahaan penerima :  Shakaifukushi-Houjin Yujinkai dan Yuma Enterprise Co., LTD.

Harapannya para peserta dapat memperoleh pengalaman kerja dan meningkatkan kemampuan skill keperawatan selama melaksanakan internship di tempat kerja secara langsung dengan baik dan sekaligus dapat mengenal percakapan sehari-hari dan budaya Jepang, memperoleh skill caregiver dalam perawatan Activity Daily Living dan perawatan penderita demensia. Semoga mendapat ilmu dan pengalaman yang bermanfaat, sekaligus bisa memotivasi mahasiswa yang lain.

Related Posts

EnglishIndonesia