Laboratorium

Profil

Peraturan Mendikbud No.49 Tahun 2014 pasal 31 menyebutkan secara tegas, bahwa Laboratorium merupakan salah satu standar prasarana pembelajaran. Laboratorium adalah sarana yang dipergunakan untuk mendukung penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi, meskipun kenyataannya saat ini fungsi utamanya masih dipergunakan untuh ranah pendidikan.

Seccara organisasi, laboratorium UNAIC di bawah garis komando Wakil Rektor I Bidang Akademik. Untuk meningkatkan pengembangan dan peningkatan manfaat laboratorium, UNAIC memiliki Kepala Pusat Pengembangan Laboratorium, yang mempunyai garis komando terhadap kepala UPT Laboratorium. Kepala UPT Laboratorium, dalam menjalankan fungsi administrasi dan pelayanan, dibantu oleh 6 (enam) orang staf laboran. Laboratorium UNAIC terdiri dari 3 (tiga) laboratorium utama, yaitu Laboratorium Mini Hospital, Laboratorium Farmasi, Sains dan Teknologi serta Laboratorium Ilmu Sosial.

Laboratorium Mini Hospital

Laboratorium MiniĀ  Hospital menempati Gedung E, terdiri dari 3 (tiga) lantai.

  • 1. Lantai 1 (satu) merupakan Laboratorium Kebidanan, yang digunakan untuk sarana pembelajaran Jurusan Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan. Laboratorium ini terdiri dari: ruang alat, ruang kehamilan, ruang persalinan, ruang BBL, ruang nifas, Ruang bayi, balita dan anak pra sekolah, ruang pelayanan KB, ruang kesehatan reproduksi, ruang komunitas dan ruang konseling. Serta terdapat juga ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD)
  • 2. Lantai 2 (dua) merupakan laboratorium keperawatan, yang terdiri dari : ruang alat, ruang jiwa, ruang komunitas, ruang KMB, ruang gerontik, ruang ICU, ruang keperawatan Islami dan ruang Anatomo Fisiologi. Laboratorium di lantai 2 ini dipergunakan sebagai saran pembelajaran untuk Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu kesehatan
  • 3. Lantai 3 (tiga) merupakan Laboratorium Fisioterapi. Terdapat ruang gymnastic/laboratorium olahraga di lantai tersebut. Jurusan Fisioterapi juga memiliki laboratorium Terapi latihan, laboratorium Pediatri, laboratorium hydroterapi dan laboratorium neurologi.

Laboratorium Farmasi, Sains dan Teknologi

Laboratorium farmasi menempati Gedung F Lantai 3 (tiga). Dikelola oleh 3 (tiga) laboran. Laboratorium ini sebagai sara penunjang pembelajaran jurusan farmasi dan teknologi laboratorium medis, dan terdiri dari 8 (delapan) laboratorium, yaitu:

  • Laboratorium Biologi farmasi
  • Laboratorium Farmakologi dan Toksikologi
  • Laboratorium farmasetika dan teknologi Farmasi
  • Laboratorium Farmasi Klinik dan Komunitas
  • Laboratorium Kimia Farmasi
  • Laboratorium Mikrobiologi
  • Laboratorium Parasitologi
EnglishIndonesia