LATIHAN KETRAMPILAN MANAGEMEN MAHASISWA (LKMM) BAGI ORGANISASI KEMAHASISWAAN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS AL-IRSYAD CILACAP

Pada hari Sabtu s.d. Minggu, tanggal 26 s.d. 27 Maret 2022, Senat Mahasiswa bekerjasama dengan BEM Universitas Al-Irsyad Cilacap menyelenggarakan Latihan Ketrampilan Managemen Mahasiswa (LKMM) bagi Organisasi Kemahasiswaan di intern UNAIC, sebagai upaya memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan manajerial  untuk mengelola berbagai organisasi bagi mahasiswa yang terlibat langsung dalam kepengurusan organisasi baik tingkat prodi maupun universitas. Acara yang berlangsung selama 2 hari ini mengusung tema “Membangun Mahasiswa yang Kritis, Profesional dan Manajerial yang Baik dalam Berorganisasi”.

 

“Manajerial adalah perpaduan ilmu dan seni, karena ada ilmunya maka kita harus belajar, karena ada seninya kita harus berlatih, semakin sering belajar dan berlatih maka akan semakin handal dan profesional dalam memenej organisasi secara efektif dan efisien serta mampu menggerakan organisasi agar tidak berjalan ditempat, senantiasa tertib administrasi dan komunikatif“, kata Bapak Sarwa, AMK.,S.Pd.,M.Kes., selaku Rektor UNAIC  dalam sambutan sekaligus membuka acara LKMM tersebut. Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan yang diikuti dari perwakilan dari masing-masing ormawa baik dari BEM, UKM maupun HIMA dengan total yang hadir 65 mahasiswa yaitu tentang Managemen Organisasi dan Pengkaderan oleh Ka. Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Bapak Sutarno, S.ST.,M.Kes. Materi kedua tentang  Public Speaking, Retorika dan Protokoler oleh Ibu Sohimah, S.ST.,M.Keb. selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UNAIC, dilanjutkan materi Administrasi dan Kesekretariatan oleh Ibu Isna Qurrotun ‘Aini, S.Sos.I selaku Ka. Sub. Bag. Administrasi Kemahasiswaan. LKMM tersebut juga mengundang pemateri dari Perwakilan Jaringan Mahasiswa Kesehatan Indonesia (JMKI) saudara Akhmad Theo Fani, S.KM. yang mengisi materi kepemimpinan dan ketrampilan menyelenggarakan event organizer (eo).

 

Menurut ketua Senat Mahasiswa, Abelia Apriyantini harapan dari pelatihan ini selain sebagai sarana meningkatkan kemampuan kepemimpinan, kerjasama dan menciptakan ketertiban ormawa, kegiatan ini merupakan program utama dan wajib dilaksanakan untuk kemudian disosialisasikan pada anggotanya masing-masing.

 

Untuk hari kedua LKKM dilanjutkan di outdor mengambil tempat Pantai Kemiren Tegalkamulyan Cilacap Selatan diisi outbond dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Related Posts

EnglishIndonesia